Featured Video

Minggu, 13 November 2011

Program C++ Untuk Menentukan Lulus / Tidak Lulus

Berikut ini merupakan contoh program C++ yang menggunakan pernyataan IF. Soalnya adalah sebagai berikut :
Dengan menggunakan pernyataan IF, buatlah program untuk menentukan apakah seorang mahasiswa “Lulus” atau “Tidak Lulus” berdasarkan Nilai Teori dan Nilai Praktek yang diinputkan oleh user. Syarat mahasiswa akan Lulus jika nilai rata-rata minimal 60 dan Nilai Praktek minimal 55.
Misal Nilai Teori = 100, Nilai Praktek = 50 maka hasilnya = Tidak Lulus. Misalnya Nilai Teori = 40, Nilai Praktek = 90 maka hasilnya Lulus.
Melihat soal diatas, berarti kita mengetahui bahwa inputnya ada dua yaitu Nilai Teori dan Nilai Praktek. Mahasiswa akan berdasarkan dua hal yaitu nilai rata-rata dan nilai teori. Jadi sebelumnya kita harus mencari nilai rata-rata terlebih dahulu yaitu dengan menjumlahkan nilai teori dan praktek lalu dibagi dua. Program C++ selengkapnya untuk menjawab pertanyaan diatas adalah sebagai berikut :
01#include <iostream.h>
02#include <conio.h>
03
04void main()
05     {
06     clrscr();
07     float teori, praktek, rata2;
08     cout<<"Masukkan nilai Teori : ";
09     cin>>teori;
10     cout<<"Masukkan nilai Praktek : ";
11     cin>>praktek;
12     rata2 = (teori + praktek) / 2;
13     if(rata2 >= 60 && praktek >= 55)
14     {
15          cout<<"Lulus";
16     }
17     else
18     {
19          cout<<"Tidak Lulus";
20     }
21     getch();
22}
Penjelasan Program :
Pertama-tama kita membuat 3 buah variabel yaitu teoripraktek dan rata2, ketiganya kita buat dengan tipe float yaitu tipe data yang dapat menyimpan nilai pecahan. Hal ini untuk antisipasi jika nanti hasil pembagian menghasilkan nilai pecahan. Selanjutnya program akan meminta inputan dari user untuk teori danpraktek.
Langkah selanjutnya program akan menghitung nilai rata2 yaitu jumlah teoridan praktek dibagi dua. Lalu dengan menggunakan pernyataan IF, program akan melakukan pengujian apakah nilai rata2 minimal 60 dan praktek minimal 55. Ingat disini bagian pengujian pada IF menggunakan operator DAN, jadi kedua ungkapan harus bernilai TRUE.
Jika hasilnya benar, maka akan ditampilkan “Lulus” dan sebaliknya jika salah maka akan ditampilkan “Tidak Lulus”.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More